Jual Beli Rumah Bandung dan Cimahi

3 Metode Mudah memperbaiki Nilai Kredit yang Terlanjur Buruk

3 Metode Mudah memperbaiki Nilai Kredit yang Terlanjur Buruk – Nilai kredit menjadi salah satu pengukuran bagi perbankan dan fintech untuk menyetujui permohonan kredit seseorang.

Jikalau skor kredit baik karenanya kemungkinan besar pengajuan kredit akan diterima, tetapi kalau skor kredit buruk karenanya kemungkinan besar akan ditolak. Na Agar kamu bisa beli rumah di rumah dijual di dago. Cek dulu skor kreit Kamu.

Terdapat sebagian hal yang membikin skor kredit seseorang buruk, di antaranya:

  1. terlambat bayar tagihan.
  2. Memiliki tunggakan kredit yang menumpuk
  3. Hingga menggunakan kartu kredit melebihi limit yang ditetapkan.
3 Metode Mudah memperbaiki Nilai Kredit yang Terlanjur Buruk

3 Metode Mudah memperbaiki Nilai Kredit yang Terlanjur Buruk

Cek skor kredit di SLIK OJK

Nilai kredit merupakan sistem pengukuran kredit yang diberi Lembaga Pengelola Info Kredit (LPIP) terhadap nasabah untuk mempermudah bank atau jasa penyedia kredit lainnya dalam menyeleksi kemampuan calon nasabah melunasi pinjaman yang diberi.

Perhitungan skor menggunakan data kredit yang salah satunya didapat dari Metode Layanan Info Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK) yang menjadi sumber data kredit LPIP.

Bagi yang terbiasa dengan kredit bank, tentu telah terkenal dengan BI Checking. Tapi sejak 2018, BI Checking telah digantikan dengan Metode Layanan Info Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Sedangkan telah berganti nama, masyarakat awam pun hingga para pegawai bank, masih lebih familir menyebut BI Checking ketimbang SLIK OJK.

Diinfokan dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, terdapat 5 jenis pengukuran kualitas kredit cocok Tata OJK Nomor 40 Tahun 2019, merupakan lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet.

Masing-masing jenis skor kredit hal yang demikian dibedakan dari masa tunggakan kredit seseorang. Umpamanya, dalam perhatian khusus merupakan pengukuran untuk debitur yang menunggak pembayaran pokok atau bunga 1-90 hari.

Metode mengkoreksi skor kredit yang buruk

Langsung, kalau skor kredit telah terlanjur buruk apakah bisa dikoreksi? Simak tips dari IdScore untuk mengkoreksi skor kredit yang buruk berikut ini:

Amati Jatuh Tempo Tagihan

Direktur Utama IdScore, Yohanes Arts Abimanyu mengatakan, dalam mengajukan kredit, ada waktu tertentu di mana kreditan wajib dibayar sebelum jatuh tempo. Sanksi hal yang demikian guna menghindari pengukuran kredit yang buruk.

“Tagihan yang dibayar tepat waktu tak hanya menolong pihak bank, tetapi juga debitur. Riwayat kredit yang baik berakibat pada skor kredit. Ini mempermudah debitur kalau berharap mengajukan kredit di kemudian hari,” ujar Abimanyu dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Cek BI checking atau slik OJK secara online

Terkena Akibatnya BI Checking, Apa Tapi?

BI Checking bisa digunakan saat hendak mengajukan pinjaman, contohnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau kartu kredit. Sebelum pinjaman disetujui, calon debitor akan diperiksa skor kreditnya menggunakan BI Checking.

Tapi saat ini, BI Checking telah digantikan dengan Metode Layanan Info Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK). Metode demikian, banyak orang masih sering kali menyebutnya BI Checking.

SLIK OJK atau BI Checking merupakan catatan informasi terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya, dalam hal ini khususnya informasi mengenai lancar atau tidaknya pembayaran kredit.

Dikutip dari Sikapi Uangmu di situs legal OJK, SLIK merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk melakukan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb).

SLIK memperluas cakupan iDeb merupakan mencakup lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan (finance) dan juga ke lembaga keuangan non-bank yang memiliki akses data debitur dan keharusan melaporkan data debitur ke Metode Info Debitur (SID).

Lembaga itu, SLIK OJK juga digunakan untuk melaporkan, fasilitas penyediaan dana, data agunan, dan data terkait lainnya dari beraneka jenis lembaga keuangan, masyarakat, Lembaga Pengelolaan Info Perkreditan (LPIP) dan pihak lainnya.

sepatu wanita

Info yang ada di dalam SILK OJK bisa dibilang betul-betul akurat, lantaran catatan debitur hal yang demikian dikumpulkan dari hasil saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga keuangan.

SLIK OJK diinginkan cakap meminimalisir angkat kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL).

Lalu bagaimana saat calon debitor memiliki skor kredit yang buruk atau terkena hukuman BI Checking?

Nasabah yang terkena hukuman BI Checking atau masuk dalam daftar pengukuran buruk BI Checking merupakan orang yang pernah bermasalah dengan kredit, baik itu di bank maupun lembaga pembiayaan lain yang diawasi oleh OJK.