Jual Beli Rumah Bandung dan Cimahi

Cara Cek BI Checking

Cara Cek BI Checking secara Online – Salah satu prasyarat untuk diungkapkan layak menerima persetujuan kredit bank atau lembaga keuangan adalah lolos BI checking.

Bisakah kita cek BI checking sendiri lewat online?

Diberitakan dari laman OJK, BI checking adalah pengecekan riwayat kredit di Metode Isu Debitur Bank Indonesia yang dijalankan oleh debitur. Saat permohonan kredit Anda berulang kali ditolak bank, bisa jadi hal itu lantaran kolektabilitasnya di Metode Isu Debitur buruk. Semenjak permulaan 2018, layanan terkait BI checking ini telah beralih dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan dengan nama Metode Layanan Isu Keuangan (SLIK). Seketika bagaimana metode cek BI checking sendiri?

Cara Cek BI Checking

Cara Cek BI Checking

Saat ini, Anda bisa mengecek BI checking lewat SLIK OJK bagus secara online ataupun offline.
Secara sederhana, SLIK OJK adalah metode berita yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk melakukan tugas pengawasan dan pelayanan berita keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan berita debitur (iDeb).
SLIK bisa dimanfaatkan untuk memperlancar pelaksanaan penyediaan dana, pengaplikasian manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, pengelolaan sumber kekuatan manusia pada Pelapor SLIK sampai verifikasi untuk kerja sama Pelapor SLIK dengan pihak ketiga.

Debitur bisa minta Isu Debitur atas nama debitur yang bersangkutan kepada OJK atau kepada Pelapor SLIK yang memberikan Fasilitas Penyediaan Dana kepada debitur yang bersangkutan. Bagi masyarakat yang mau menggunakan layanan SLIK OJK bisa langsung mengunjungi kantor–kantor OJK bagus di pusat ataupun tempat. Tutorial untuk mengajukan permohonan berita debitur SLIK secara offline bisa diperhatikan di sini.

Cara cek BI checking online atau SLIK OJK Berdasarkan laman resmi OJK, berikut metode cek Bi checking secara online: Permohonan lewat Kantor Pusat OJK (Jakarta)

  1. Pemohon SLIK melakukan registrasi lewat laman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/
  2. Pemohon SLIK memilih “Variasi Pemohon” dan tanggal antrian.
  3. Pemohon SLIK mengisi semua kolom yang dipersyaratkan dengan komplit dan benar layak dengan dokumen identitas yang dilampirkan.
  4. Pemohon SLIK mengunggah (upload) foto/scan dokumen absah yang diperlukan layak kebutuhan/permohonan yang diajukan sebagai berikut:
    a. Debitur Perseorangan Fotokopi identitas diri dengan menampilkan identitas diri absah berupa KTP (debitur WNI) dan Paspor (debitur WNA).
    b. Debitur yang Sudah Meninggal Dunia
    ● Fotokopi identitas diri dengan menampilkan identitas diri absah berupa dokumen identitas pihak yang mempunyai hubungan keluarga atau pakar waris berupa KTP untuk keluarga/pakar waris WNI atau paspor untuk keluarga/pakar waris WNA.
    ● Dokumen yang menjelaskan kematian debitur yang dikeluarkan oleh pihak berwajib (Surat Keterangan Kematian/Akta Kematian).
    ● Dokumen yang menampilkan hubungan kekeluargaan antara lain kartu keluarga atau akte lahir atau surat keterangan pakar waris.
    c. Debitur Badan Usaha Fotokopi identitas diri badan usaha yang telah dilegalisasi dan identitas pengurus dengan menampilkan identitas diri absah badan usaha berupa dokumen identitas direktur badan usaha berupa KTP (untuk direktur WNI) dan paspor (untuk direktur WNA). Nomor Pokok Harus Pajak (NPWP) badan usaha. Akta pendirian badan usaha. Anggaran dasar terakhir badan usaha yang memuat susunan dan kewenangan pengurus.
  5. Sesudah melakukan registrasi lewat pengisian formulir SLIK secara online, Pemohon SLIK akan menerima e-mail bukti registrasi antrian SLIK online.
  6. OJK melakukan pengecekan data yang telah diinput oleh Pemohon SLIK. Dalam hal data telah layak, Pemohon SLIK akan mendapatkan surel validasi dari OJK paling lambat H-3 dari tanggal antrian yang dipilih.
  7. Pemohon SLIK melakukan verifikasi WhatsApp ke nomor telepon sebagaimana tertera dalam surel validasi dengan rentang waktu H-3 s.d. H-1 dari tanggal antrian yang dipilih dengan mengirimkan dokumen berikut:
    ● Foto/scan formulir yang telah dilengkapi dengan nama ibu kandung dan tanda tangan 3 bagian pada kolom yang tersedia.
    ● Foto selfie Pemohon SLIK dengan mengontrol dokumen identitas.
    ● OJK akan melakukan verifikasi lanjutan lewat WhatsApp dan melakukan video call apabila diperlukan.
  8. Dalam hal Pemohon SLIK telah memenuhi semua dokumen dan rentang waktu yang dipersyaratkan, Pemohon SLIK akan menerima hasil iDeb yang dimohonkan lewat e-mail yang telah didaftarkan pada dikala melakukan registrasi.
sepatu wanita

Kantor Regional/Kantor OJK Setempat

  1. Pemohon SLIK melakukan permohonan Isu Debitur SLIK lewat laman registrasi SLIK online Kantor Regional/Kantor OJK setempat dengan mengunjungi laman https://www.ojk.go.id/ojksurvey.
  2. Pilih Kantok OJK Setempat lalu klik “Berikutnya”.
  3. Pilih tipe layanan permintaan berita debitur.
  4. Lengkapi data diri dan upload beberapa berkas seperti:
    ● Foto/scan dokumen identitas absah (tidak fotokopi). Debitur individu WNI menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Debitur individu WNA menggunakan paspor.
    ● Foto selfie mengontrol KTP.
    ● Foto selfie dengan mengontrol kertas yang berisi tulisan tangan “Untuk SLIK OJK” disertai kota, tanggal pengajuan, tanda tangan berair, dan nama komplit.
  5. Klik “Berikutnya” dan selesaikan permohonan Isu Debitur SLIK untuk menerima berita soal BI checking.
Cara Cek BI Checking

Poin kredit SLIK OJK

Pengukuran BI checking melibatkan skor kredit yang terdiri dari beberapa tipe. Poin kredit ini menjadi pertimbangan bagi pihak bank untuk memberikan pinjaman atau tidak.
Secara biasa, skor kredit BI checking menggunakan skala dari kolektibilitas 1 sampai 5.

Berikut rincian skor kredit di SID pada BI checking atau SLIK OJK:

Poin 1: Kredit Lancar, artinya debitur senantiasa memenuhi keharusannya untuk membayar cicilan tiap bulan beserta bunganya sampai lunas tanpa pernah menunggak
Poin 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari
Poin 3: Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari Poin
Poin 4: Kredit Diragukan, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari
Poin 5: Kredit Macet, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.

Itulah berita soal metode cek BI checking online atau SLIK OJK. Apabila pemohon mempunyai pertanyaan lebih lanjut soal BI checking bisa menghubungi kontak OJK, telepon di nomor 157, surel: konsumen@ojk.go.id, atau WA: 081-157-157-157.

Dapatkan hunian terbaik di lembang yang bisa Anda jadikan hunian maupun pasive income dari perumahan lembang ini. salah satunya bisa dijadikan penginapan, citage. dengan kata lain Anda bisa menyewakannya. setelah anda mengetahui Cara Cek BI Checking dang lolos dalam persyaratan pengajuan kredit perbankan.