Jual Beli Rumah Bandung dan Cimahi

Cek BI Checking atau SLIK OJK secara Online dengan Mudah

Cek BI Checking atau SLIK OJK secara Online dengan Mudah – Salah satu hal penting agar nasabah sukses mendapatkan persetujuan kredit dari bank atau lembaga keuangan lain yaitu BI checking. Apa itu BI checking dan bagaimana cara memandangnya (cara cek BI checking)? indiproperti telah menelusurinya.

Cek BI Checking atau SLIK OJK secara Online dengan Mudah

Cek BI Checking atau SLIK OJK secara Online dengan Mudah

Saat ini, BI checking sudah digantikan dengan Sistem Layanan Kabar Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK). Peralihan tugas tertulis dalam UU No. 21 tahun 2011 yang menentukan peralihan layanan cara isu debitur (SID) dari BI ke OJK.
Secara simpel, SLIK OJK atau BI checking yaitu catatan isu terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya, dalam hal ini secara khusus isu mengenai lancar atau tidaknya pembayaran kredit.

SILK OJK atau BI checking ini dipakai oleh bank dan lembaga keuangan untuk mendapatkan isu riwayat kredit calon debiturnya yang akan dihasilkan pertimbangan apakah debitur hal yang demikian sesuai menerima kredit.

Dikutip dari laman legal OJK, SLIK yaitu cara isu yang pengelolaannya dibawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk menjalankan tugas pengawasan dan pelayanan isu keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan isu debitur (iDeb).

sepatu wanita

SLIK memperluas cakupan iDeb yaitu melingkupi lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan (finance) dan juga ke lembaga keuangan non-bank yang mempunyai jalan masuk data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Kabar Debitur (SID).

Selain itu, SLIK OJK juga dipakai untuk melaporkan, fasilitas penyediaan dana, data agunan, dan data terkait lainnya dari beraneka ragam lembaga keuangan, masyarakat, Lembaga Pengelolaan Kabar Perkreditan (LPIP) dan pihak lainnya.

Saat ini, cara cek BI checking atau SLIK OJK bisa dilaksanakan online maupun offline. Masyarakat yang ingin mengaplikasikan layanan SLIK OJK bisa langsung mengunjungi kantor–kantor OJK bagus di pusat maupun tempat.

Bila anda sedang mencari rumah di dago baca: rumah dijual di dago.

Panduan untuk mengajukan permohonan isu debitur SLIK secara offline bisa diamati di sini.

Sistem cek BI checking online atau SLIK OJK

Cek BI Checking atau SLIK OJK secara Online dengan Mudah

Adapun bagi masyarakat yang ingin mengaplikasikan layanan SLIK OJK atau cara cek BI checking online yaitu sebagai berikut:

  1. Pemohon SLIK menjalankan registrasi via laman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.
  2. Pemohon SLIK memilih “Tipe Pemohon” dan tanggal antrean
  • Kantor OJK diisi Kantor Pusat OJK (Jakarta). Tanggal layanan yaitu tanggal pemohon SLIK akan menerima isu debitur (iDeb) SLIK dalam hal sudah memenuhi prasyarat.
  • Pemohon SLIK memilih slot antrean pada tanggal dan jam yang masih tersedia kemudian klik “Lanjut”.
  1. Pemohon SLIK mengisi semua kolom yang dipersyaratkan dengan komplit dan benar sesuai dengan dokumen identitas yang dilampirkan
  • Unggah foto/scan dokumen asli dan pilih satu tujuan permohonan. Untuk unggah dokumen, pilih “camera” kalau ingin langsung foto dokumen Anda.
  • Centang/check list persetujuan dan salin teks/captcha pada kolom yang sudah disediakan.
  1. Pemohon SLIK men-upload (unggah) foto/scan dokumen asli yang diperlukan sesuai keperluan/permohonan yang diajukan sebagai berikut:
  • Debitur Perseorangan

Fotokopi identitas diri dengan menampilkan identitas diri asli berupa:
*KTP untuk debitur WNI.
*Paspor untuk debitur WNA.

  • Debitur yang Telah Meninggal Dunia

Fotokopi identitas diri dengan menampilkan identitas diri asli berupa:

Dokumen identitas pihak yang mempunyai hubungan keluarga atau ahli waris:

  • KTP untuk keluarga / ahli waris WNI.
  • Paspor untuk keluarga / ahli waris WNA.
  • Dokumen yang menjelaskan kematian Debitur yang dikeluarkan oleh pihak berwajib (Surat Keterangan Kematian / Akta Kematian).

+Dokumen yang menampilkan hubungan kekeluargaan antara lain kartu keluarga atau akte lahir atau surat keterangan ahli waris.

  • Debitur Badan Usaha

Fotokopi identitas diri badan usaha yang sudah dilegalisasi dan identitas pengurus dengan menampilkan identitas diri asli badan usaha berupa:

Dokumen identitas Direktur badan usaha:

Fotokopi identitas diri badan usaha yang sudah dilegalisasi dan identitas pengurus dengan menampilkan identitas diri asli badan usaha berupa:

  • Dokumen identitas Direktur badan usaha:

KTP untuk Direktur WNI.
Paspor untuk Direktur WNA.

Nomor Pokok Semestinya Pajak (NPWP) badan usaha.

Akta pendirian badan usaha.

Anggaran dasar terakhir badan usaha yang memuat susunan dan kewenangan pengurus.

  1. Setelah menjalankan registrasi via pengisian formulir SLIK secara online, Pemohon SLIK akan menerima e-mail bukti registrasi antrean SLIK online.
  2. OJK menjalankan pengecekan data yang sudah diinput oleh Pemohon SLIK. Dalam hal data sudah sesuai,
  3. Pemohon SLIK akan mendapatkan e-mail validasi dari OJK paling lambat H-3 dari tanggal antrean yang dipilih. Pemohon SLIK menjalankan verifikasi WhatsApp ke nomor telepon sebagaimana tertera dalam e-mail validasi dengan bentang waktu H-3 s.d. H-1 dari tanggal antrean yang dipilih dengan mengirimkan dokumen berikut:
  • Foto/scan formulir yang sudah dilengkapi dengan nama ibu kandung dan pertanda tangan 3 komponen pada kolom yang tersedia.
  • Foto selfie Pemohon SLIK dengan memegang dokumen identitas.

*OJK akan menjalankan verifikasi lanjutan via WhatsApp dan menjalankan video call kalau diperlukan.

Dalam hal Pemohon SLIK sudah memenuhi semua dokumen dan bentang waktu yang dipersyaratkan, Pemohon SLIK akan menerima hasil iDeb yang dimohonkan via e-mail yang sudah didaftarkan pada saat menjalankan registrasi.