Kebingungan menentukan KPR Bank? Mari pelajari kiat ini

Kebingungan menentukan KPR Bank? Mari pelajari kiat ini Memilah pinjaman KPR yang akan Anda gunakan nanti. Sama rumitnya layaknya ketika Anda menetapkan alternative hunian yang mungkin anda beli. Seluruh lembaga keuangan berupa Bnak mempunyai produk pinjaman berupa KPR baik yang konvensional maupun yang syariah seperti pada bank-bank syariah.semua memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Kebingungan menentukan KPR Bank?

Kali ini penulis akan focus untuk pinjaman kredit perumahan dari bank konvensional. Dimana pada bank konvensional umumnya yang kita ketahui bersama ada yang menawarkan bunga murah. Ada yang 2 tahun bunganya fix bahkan hingga 5 tahun fix, dimana cicilalannya tetap.setelah itu berlaku suku bunga floting sesuaikebijakan BI (Bank Indonesia).begitupun tenor (jangka waktu) cicilan sesuai dengan kebikan tiap bank.

Mencari informasi dari bank pemberi KPR

Langkah pertama mesti Anda lakukan sebelum menentukan fasilitas bank mana yang akan anda rujuk. Tentu anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan survey untuk mendapatkan daftar bank mana saja yang menyediakan fasilitas layanan KPR. Tentu anda juga perlu tahu tentang syarat-syarat yang yang tidak begitu sulit buat anda.juga memiliki trek record yang baik. Terutama dalam kebijakan cicilan anda kemudian hari.

Apabila Anda sudah merasa yakin terhadap penyedia kredit yang sudah anda pilih, oleh karenanya amati bagian dalam bentuk pemilihan produk KPR nya. Agar tidak mengalami kerugian pada masa yang akan datang. Berikut infonya:

Jumlah cicilan konsisten

Umumnya produk KPR yang penawaran oleh pihak bank biasanya mempunyai jumlah cicilan konsisten (tetap). Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, namun memiliki resiko adalah rentan waktu atau tenor KPR menjadi lebih lama atau mungkin sebaliknya, Tenor ini juga dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pemberi kredit (Bank) dan naik turunnya suku bungan bank Indonesia.

Mengenal suku bunga yang berlaku

Lazimnya bagi Bank melegalkan menggunakan metode menggunakan system suku bunga tetap (fix rate), floting rate (mengambang), atau kombinasi dari keduanya. Kebanyakan Bank menggunakan kombinasi dari keduanya guna menarik konsumen.

Metode kombinasi maksudnya dengan menggabungkan antara suku bunga tetap dan suku bunga mengambang. Contoh 3 tahun pertama nasabah yang menggunakan fasilitas KPR dikenakan suku bunga tetap. Setelah itu baru Bank menggunakan system floting rate (mekanisme suku bunga acuan dari BI).

Hitung tingkat suku bunga Angsuran Anda

Setelah Anda mengetahui metode suku banga bank saatnya Anda membuat strategi ancang-ancang ansuran KPR untuk tiap-yiap Bank yang sudah anda survey. Jika bank memberikan promo suku bunga fix rate 9% selama 3 tahun, Anda seharusnya sudah mengetahui berapa ansuran KPR sesudah masa promo selesai. Gunakan aplikasi yang banyak tersedia untuk menghitung kemungkinan cicilan Anda nantinya.

Biaya KPR

Bea KPR meliputi biaya pengukuran, Notaris, Akta jual beli PPAT, Akta perjanjian kredit, Akta pemasangan hak tanggungan, premi ansuransi kebakaran, premi ansurasi jiwa. Sebagai catatan premi ansuransi nilainya akan besar sesuai dengan usia, makin usia anda makin tua maka premi ansuransi semaki lebih besar. Bea KPR ini sangat penting sebab nilainya tidak sedikit.

biaya KPR biasanya wajib Anda lunasi sebelum akad kredit, calon nasabah harus membayar terlebih dahulu sehingga dibutuhkan persiapan dana.

Pelunasan sebelum tenor ansuran habis.

Pelunasan yang lebih cepat nasabah bisa melakukannya. Tentunya persyaratan dan ketetapan yang berkalu dengan kebijakan yang berbeda-beda tiap bank. Contohnya pada tahun kelima anda ingin melunasi pinjaman anda ke bank pemberi kredit, biasanya anda Anda akan kena finalti sejumlah persentase tertentu dari nilai sisa flapon kredit anda. Untuk itu sebaiknya bila anda ingi melunasisebelum tenor cicilan habis, sebaiknya anda menghubungi pihak bank dan menanyakan nilai finati yang yarus anda bayarkan.

Untuk informasi sahabat indiproperti, bila anda ingin membeli rumah melalui kpr bank, yang perlu anda ketahu total biaya keseluruhan untuk anda siapkan dalam membeli rumah idaman anda antaralain:

Niaya-biaya tersebut adalah:

  • Biaya BPHTB
  • Biaya Notaris dan
  • Bea KPR

Itu perlu anda hitung semua agar anda tidak kecewa ataupun batal akad karena dana anda kurang. Dari pengalaman penulis sebagai marketing perumahan, banyak dari pembeli rumah hanya menanyakan DP nya saja. Dan tidak menghitung biaya biaya yang tidak tercantum dalam brosur pengembang. Hal ini penulis sampaikan karena penting bagi Anda bisa mengukur kemampuan.

Satu lagi dari penulis cari tau dari pihak pengembang apa saja biaya uang sdh di tanggung pengembang. Karena ada sebahian pengembang sudah membebaskan biaya BPHTB dan biaya-biaya Notaris, sehingga anda hanya mengeluarkan dana total dari dap dan biaya KPR. masih Kebingungan menentukan KPR Bank? hubungi indiproperti