Panduan Membeli Rumah Second (Bekas).

Panduan Membeli Rumah Second (Bekas). Terdapat langkah penting yang butuh Anda kenali mengingat keadaan bentuk fisik rumah second yang cenderung menyusut. Terlebih biayanya juga belum pasti lebih murah dengan rumah baru.

Menghitung biaya Renovasi penting

Sebagian alibi tertentu yang kerap mereka unkapkan dengan pertimbangan beli rumah second memanglah masuk akal. Walaupun di satu sisi, beli rumah second maksudnya siap buat berupaya merenovasi rumah.

Selain itu, mayoritas pemukiman dengan area orang sebelah yang tercipta cuma dapat Anda temui pada rumah second. Rumah baru biasanya berlokasi di zona baru yang lokasinya rata- rata terletak di kota penyangga.

Panduan Membeli Rumah Second
pixabuy .com

Berikut kami merangkum apa saja yang butuh Anda cermati saat sebelum membeli rumah second

1.Keadaan Fisik

Keadaan fisik berarti dalam membeli rumah second wajib memerhatikan keadaan fisik rumah. Perhatikan tampilan luarnya, tetapi tampilan luar saja tidak cukup.

Cek keadaan Kamar, lantai, saluran air, kayu jendela serta pintu, langit- langit, dan saluran serta perputaran udara. Tanyakan pula umur bangunan tersebut. Umumnya, umur fisik bangunan berkisar 30– 40 tahun. Di atas itu, bangunan telah membutuhkan renovasi besar- besaran.

Ajak dan sahabat ataupun keluarga yang paham seputar bangunan rumah, buat berikan opini kedua.

Ataupun apabila mau prosesnya lebih gampang, dapat memikirkan buat memakai jasa agen properti handal. Anda dapat menghubungi indiproperti yang sedah berpengalaman dalam memasarkan rumah cecond. Sehingga bisa Anda ketahui keadaan fisik bangunan,

2.Sumber Air

Air bersih ialah kebutuhan pokok tiap hari, sehingga keadaan air bersih di rumah berarti wajib adanya. Cek sumber air. Posisi sumur pompa idealnya berjarak 10 m dari septic tank. Bila kurang dari 10 m, terdapat mungkin air minum kurang layak mengkonsumsi.

Apabila sumber air berasal dari PAM, yakinkan owner rumah tidak bermasalah dengan tagihan air.

3.Listrik

Cek apakah energi listrik di rumah tersebut lumayan buat penuhi seluruh perlengkapan elektronik. Bila merasa tidak lumayan, jalani upgrade alias tambah energi secara online melalui pln. co. id.

Tidak hanya itu, yakinkan instalasi kabel listrik dalam keadaan baik, buat menjauhi terbentuknya korslet listrik yang bisa menimbulkan kebakaran.

4.Saluran pembuangan

Kelihatannya sepele, namun Anda wajib menanyakannya karena ini akan memusingkan Anda bila rumah sudah Anda huni, ternyata saluran airnya mampet, apalagi anda tidak mengetahui titik saluran air.periksa seberapa lancer pembuangan, cek juga air keran apakah cukup deras untuk keluar selain anda melihat kejernihan airnya.

5.Atap rumah

Perhatikan Atap rumah apakah masih berbentuk sempurna atau dengan kata lain tidak ada yang melengkung kebawah, karena bila bangunan sudah mulai berumur kasau dan rengnya sudah mulai rapuh, hal ini yang membuat bentuk atapnya tidak sempurna seperti halnya saat awal. Apalagi bangunan yang dibangun tahun 90 an kebawah dimana rangka atap terbuat dari kayu.

Perhatikan juga talang air yang berpunsi menyalurkan air hujan, ini pentingkarena bila talang air tersumbat atau sudah tak layak maka perlu menggantinya.

Baca juga yuk Membeli Rumah Over Kredit takut? Berikut Tipsnya.

5.Plafon rumah

Plafon rumah perlu juga untuk Anda perhatikan, ini akan membantu anda untuk mengetahui apakan atap rumah ada yang bocor saat hujan, bila Plafon berwana akag hitam kekuningan, ini disebabkan adanya genangan air saat hujan. Coba tanyakan pada pemilik apakah sudah diperbaiki atau belum.

Dari semua Panduan Membeli Rumah Second diatas akan membantu anda untuk menghitung biaya renovasi, hal ini perlu untuk mengukur seberapa layak harga yang ditawarkan penjual pada anda.
Anda tidak perlu sungkan untuk menanyakannya. Karena hal ini penting, jangan sampai anda menyesalinya di kemudian hari.