Prosedur KPR dalam membeli rumah

Prosedur KPR dalam membeli rumah benar-benar akan selamanya menjadi keinginan dan cita-cita awal setiap orang. Bagaikan bagian dari keinginan kita semua. Rumah pastinya akan dijadikan prioritas utama untuk kamu miliki.Langkah yang sering kali diambil agar memiliki hunian idaman Anda yaitu melakukan pembaelian.

Prosedur KPR

Untuk pembelian rumah tidak hanya bisa dilakukan secara tunai namun bisa juga melakukannya secara mencicil melalui pihak bank yang dikenal dengan nama Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Bila kamu melakukan pembelian secara kredit melalui fasilitas KPR Bank, kamu bisa mencicl rumah kamu setiap bulannya.

Fasilitas yang diberikan pihak bank ini dapat membantu kamu yang kesusahan membayar untuk pembelian sebuah rumah dengan cara kontan (Cahs). Beriku penulis bagikan data-data yang perlu kamu tahu dan lakukan:

Memastikan rumah yang hendak dibeli

Kamu bisa melakukan hunting rumah yang hendak kamu beli, hal ini bisa kamu lakukan melalui media online maupun offline. Bila kamu sedang mencari hunian daerah bandung dan cimahi anda bisa kunjung website indiproperti.com untuk perumahan konvensional dan www.shariaagenciy.com untuk perumahan syariah. kamu bisa juga menhhubungi admin penyedia informasi perumahan daerah bandung tersebut.

Setelah anda menemukan hunian yang anda cari dan berencana untuk membelinya lakukan negosiasi dengan pihak pengembang, atau cari tau apasaja promo yang sedang berjalan. Setelah ada kesepakatan mengenai harganya. Biasanya penegmbeng meminta booking fee guna unit yang anda incar tersebut pengembeng tidak memasarasarkan lagi. Bila anda suda berencana melakukan pembelian secara KPR maka anda perlu memberitahunak pada pihak pengembang.

Pada tahap ini biasanya pengembang memiliki kerja sama dengan satu atau beberapa bank, anda bisa menggunakannya, namun bila anda ingin menggunakan bank lain. Untuk itu anda perlu mengetahui syarat-syarat untuk pengajual KPR. Berikut informasi untuk anda untuk syarat pengajuan KPR:

Syarat pengajuan KPR

  • Warga Negara Indonesia
  • Masa kerja minimal 2 tahun
  • Usia minimal 21 tahun serta usia 55 tahun kredit telah wajib lunas.

Optimasi pembiayaan biasanya 80% hingga 90% kecuali KPR kedua dan ketiga nilai persentasenya akan berkurang.

Dokumen yang wajib kamu siapkan:

  1. Foto copy KTP ( Suami dan Istri )
  2. copy Kartu keluarga
  3. Foto copy Buku nikah
  4. Foto copy Rekening Koran 3 bulan terakhir
  5. FC NPWP untuk perorangan / SPT PPH 21
  6. Asli Surat keterangan kerja
  7. Asli Slip gaji 3 bulan terakhir
  8. SK kepegawaian atau Kartu taspen ( untuk pegawai negeri )

Biasanya pengembang ingin menolong anda dalam pengajuan KPR dengan pihak Bank yang sudah jadi rekanan. Namun bila anda memilih bank sendiri yang bukan rekanan pengembang sehingga anda yang memutuskan untuk mengurus pengajuan KPR sendiri.

Baca juga Pahami SP3K sebelum membeli rumah secara kredit sehingga anda siap melakukan pembelian secara KPR

Menyelesaikan kesepakatan serta penandatanganan perjanjian kredit, sebelumnya pihak bank melakukan penandatangan akad jual beli, pihak bank memberikan surat perjanjian kredit (SPK).

Baiknya, Anda bisa mencarai data seputar SPK jauh jauh hari, maka takala pembacaan SPK Anda sudah mengerti beberapa isinya. Dalam SPK anda harus mengenali seputar bunga kredit, besaran bunga, finalti dan lainnya yang tercantum dalam SPK. Tidak lupa pencantuman untuk menentukan Notaris yang akan mengurusi semua berbagai keabsahan dokumen maupun persetujuan debitur.

Setelah semua telah sepakat, baru pihak bank menetukan hari akad nya. Anda harus sudah menyelesaikan semua biaya yang wajib anda lunasi terlebih dahulu. Seperti biaya BPHTB, Biaya bank dan Notaris.

Itulah ringkasan tahapan Prosedur KPR yang bisa anda jalankan dalam mengajukan KPR, semoga bermamfaat, bila ada kesulitan silakan hubungi kami di wa:0857 5900 6008